Ini Tata Cara Pindah Kewarganegaraan dan Syaratnya

Posted on

DPR sudah menetapkan omnibus law RUU Cipta Lapangan Kerja jadi undang-undang di pertemuan pleno tempo hari, Senin 5 Oktober 2020. Pengesahan RUU Cipta Kerja itu memetik protes dari warga serta golongan buruh di Tanah Air. Mereka mengatakan tindakan protesnya lewat sosial media (sosmed) sebagai viral menampik pengesahan RUU Cipta Kerja.

Pengesahan RUU Cipta Kerja itu berkesan tergesa-gesa sebab Indonesia sedang hadapi kritis kesehatan serta ekonomi karena epidemi Covid-19.

Beberapa warganet itu serta ingin geser kewarganegaraan sebab protesnya tidak didengar pemerintah. Lantas bagaimana ketentuan untuk geser kewarganegaraan itu?

Ketentuan buat Masyarakat Negara Indonesia (WNI) ditata dalam UU Nomor 12 Tahun 2006 serta Ketentuan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2007. Tiap WNI yang ingin geser kewarganegaraan harus lebih dulu mempunyai kewarganegaraan lain.Selanjutnya, ajukan permintaan pelepasan posisi WNI dengan cara tercatat ke Kemenkumham serta akan ditetapkan Presiden.

Berikut sejumlah syarat untuk bisa mendapatkan pindah kewarganegaraan:

  1. Fotokopi akkte kelahiran atau surat yang membuktikan kelahiran pemohon yang disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
  2. Foto kopi aktee perkawinan/buku nikah, akte perceraian, atau akte kematian isteri/suami pemohon yang disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
  3. Fotokopi Surat Perjalanan Republik Indonesia atau KTP yang disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
  4. Surat keterangan dari perwakilan negara asing bahwa dengan kehilangan kewarganegaraan Republik Indonesia pemohon akan menjadi warga negara asing tersebut.
  5. Pas foto pemohon yang terbaru berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *